• About
  • Sitemap
  • Privacy Policy
  • Disclaimer
  • Contact

Suara Islam Seruanku

  • Home
  • Adab Sunnah
  • Nasihat
  • biografi
  • Dakwah
  • Al Kisah
  • quran-Hadist
  • Download
  • Hukum Fiqih
  • Bahasa Arab
Home » nasihat » Perkataan hikmah Orang Soleh #18

Perkataan hikmah Orang Soleh #18

851. Dzun Nun al-Mishri rahimahullah berkata: “Dahulu para ulama saling menasihati dengan tiga hal: Barangsiapa memperbagus keadaan batinnya, Allah akan memperbagus lahiriahnya; barangsiapa memperbaiki hubungan dengan Allah, Allah akan memperbaiki hubungannya dengan manusia dan barangsiapa yang memperbaiki urusan akhiratnya, Allah akan memperbaiki urusan dunianya.” (as-Siyar, 19/141)

852. Abu Usamah Al-Khuza’i berkata: “Imam Malik jika ingin keluar untuk menyampaikan hadits ia berwudhu sebagaimana wudhu untuk melaksanakan sholat dan memakai pakaiannya yang paling indah, memakai kopiah beliau dan menyisir (merapikan) jenggot beliau. Beliau ditanya tentang sikapnya itu maka kata beliau, “Aku mengagungkan hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan berbuat demikian.” ([Al-Jami’, 2/34)

853. Hammad bin Salamah berkata: “Kami sedang bersama Ayyub lalu kami mendengar suara (keras namun tidak jelas), maka Ayyub berkata, “Suara apa ini?, apakah kalian tidak tahu bahwasanya mengangkat suara tatkala hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam disampaikan (dibacakan) seperti mengangkat suara dihadapan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tatkala ia masih hidup?” (Al-Jami’: 1/128, 130)

854. “Muhammad bin Sirin berbicara dan tertawa, namun jika datang hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam maka iapun dalam keadaan khusyu.” (Al-Jami’, 2/57)

855. Ibnu Abi Az-Zinad berkata: “Said ibn Al-Musayyib tatkala beliau sakit beliau berkata, “Dudukkan aku, aku merasa berat untuk menyampaikan hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam keadaan berbaring.” (Al-Jami’: 2/34, Jami’ bayanil ‘ilmi wa fadhlihi: 2/1220)

856. Berkata Ishaq: “Aku melihat Al-A’masy jika dia hendak menyampaikan hadits dan dia dalam keadaan tidak berwudhu maka dia bertayammum.” (Jami’ bayanil ‘ilmi wa fadhlihi: 2/1217, syarh As-Syifa: 2/77)

857. ‘Amr bin Maimun berkata: “Aku bolak-balik mendatangi Ibnu Mas’ud selama setahun, dan tidaklah aku pernah mendengarnya berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda” kecuali pada suatu hari ia menyampaikan hadits dan keluar dari lisannya perkataan “Rasulullah telah bersabda”, kemudian menimpa beliau ketakutan hingga aku melihat keringat keluar dari keningnya kemudian ia berakata, هكذا إن شاء الله، أو فوق ذا، أَو مَا دون ذا “Seperti ini insya Allah, atau kurang lebih seperti ini (lafal haditsnya sebagaimana yang disabdakan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam) kemudian mengembang kedua pipi beliau, berubah masam wajahnya dan kedua matanya berlinang air mata.” (Al-Jami’ Li Akhlaqi Ar-Rawi wa Adabis Sami’: 2/66-67, As-Syifa bita’rifi huquqil Musthofa: 2/599)

858. Abdurrahman bin Qosim pernah menyebutkan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam maka pucatlah wajahnya seakan-akan telah kering darah dari wajahnya. Lidahnya kering di mulutnya karena pengagunggannya kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Aku (Mush’ab bin Abdillah) pernah mendatangi ‘Amir bin Abdillah, jika disebutkan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam di hadapannya maka diapun menangis hingga kering air matanya” Dan aku telah melihat Imam Az-Zuhri –dan dia adalah orang yang paling dermawan dan paling dekat dengan manusia-, jika disebutkan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam di sisinya maka seakan-akan engkau tidak mengenalnya dan dia tidak mengenalmu. Dan aku pernah mendatangi Sofwan bin Sulaim –dan dia adalah termasuk ahli ibadah dan kesungguhan-, jika disebutkan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam di hadapannya maka iapun menangis hingga orang-orang pergi meninggalkaannya.” (As-Syifa bita’rifi huquqil Musthofa, hal.598)

859. Ahmad bin Sulaiman Al-Qotton berkata: “Tidak ada yang berbicara di majelis penyampaian hadits Abdurrahman bin Mahdi, dan tidak ada yang meruncing alat tulisnya, dan tidak seorangpun yang tersenyum. Jika ada yang berbicara atau meruncing alat tulisnya di majelisnya maka iapun berteriak dan memakai kedua sendalnya lalu masuk dalam rumahnya (tidak jadi menyampaikan hadits). Demikian juga yang dilakukan oleh Ibnu Numair, dan dia adalah termasuk orang yang paling tegas dalam perkara ini. Waki’ juga demikian, orang-orang yang berada di majelisnya seakan-akan mereka sedang melaksanakan sholat. Jika ia mengingkari suatu perkara yang dilakukan diantara mereka maka iapun memakai sendalnya lalu masuk dalam rumahnya. Ibnu Numair marah dan berteriak, dan jika ia melihat ada yang meruncing alat tulisnya maka berubahlah wajahnya.” (Al-Jami’: 1/128, 130)

860. Rumah dalam kegelapan, tidak dapat bezakan antara ular dengan tali. - Tamthil

861. Seseorang yang menggabungkan amal dan asbab di dalam yakinnya tidak akan mendapat kemanisan dan khusyu' di dalam beramal. - Maulana Muhammad Yusuf rah.a

862. Mufti Maulana Muhammad Ahmad Bahawalpuri menasihatkan kepada pekerja agama: “Masjid adalah satu perkara dan amalan masjid nabawi pun adalah satu perkara, yakni masing-masingnya adalah dua perkara yang berlainan. Tetapi bila disatukan, iaitu apabila zahir bentuk masjid dimakmurkan manusia dan serentak dengannya amalan-amalan masjid nabawi juga dihidupkan maka hasilnya adalah Allah kurniakan hidayahNya. Inilah tertib untuk hasilkan hidayah Allah SWT. Sebaliknya tapi jika dua perkara ini terpisah dan tidak dihidupkan, hidayah daripada Allah akan tersekat sama sekali.”

863. Mufti Maulana Muhammad Ahmad Bahawalpuri menasihatkan kepada pekerja agama: “Kesyumulan agama, dalam sahabah adalah 100% tahap sepertimana yang telah ditinggalkan oleh Nabi SAW. Disebalik semua ini, adalah sebenarnya datang daripada hasil usaha agama yang dibawa Nabi SAW. Seluruh sahabah telah datang kepada usaha agama Nabi SAW iaitu amalan masjid nabawi. Apakah itu usaha agama? usaha agama adalah satu usaha untuk menghidupkan kembali amalan masjid nabawi, hubungkan manusia dan masjid dengan amalan dakwah, taklim, ibadat dan khidmat, cara Nabi SAW. Maka hasil daripada usaha agama, amalan agama yang sempurna akan datang dalam kehidupan kamu.”

864. Lingkungan lima tertib usaha agama: 1. Buat dengan yakin yang betul (ehsan, yakin). 2. Usaha cara Nabi SAW (tariqah dan ilmu, pengendalian alim ulama). 3. Penuh pengorbanan (dugaan dan ujian, mujahadah nafs). 4. Berterusan tanpa cuti (istiqamah ikhlas dan istiqlas) dan 5. Banyak alirkan air mata dengan berdoa (ibadah dan dzikir).

865. Mufti Maulana Muhammad Ahmad Bahawalpuri menasihatkan kepada pekerja agama tentang maksud keluar di jalan Allah: “Jadi kamu di sini, kena faham bahawa masa yang diluangkan, negara, keluarga dan pekerjaan yang kamu telah tinggalkan sekarang ini adalah satu perkara besar kerana kamu telah buat pengorbanan. Maka pengorbanan ini sebenarnya adalah untuk belajar, bagaimana tahap kehidupan dan tahap agama kamu akan menjadi sepertimana yang ada pada sahabah iaitu tingkat agama dan kehidupan sesyumul zaman Nabi SAW..”

866. Berkata Abu Bakr Ash-Shiddiq: “Tidaklah aku meninggalkan sesuatu yang dilakukan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam kecuali aku melakukannya dan sesungguhnya aku benar-benar takut kalau aku meninggalkan sedikit saja dari perintah beliau maka aku akan menyimpang.” (Al-Ibaanah, Ibnu Baththah 1/246, Ta'zhiimus Sunnah hal.24)

867. Abu Bakar Ash Shiddiq r.a berkata: “Demi Allah, jika mereka hanya membayar zakat unta tanpa talinya, tidak dengan keduanya sebagaimana mereka membayarkannya pada zaman Rasulullah sallahu 'alaihi wasallam, kemudian pohon, tanah, jin dan manusia membantu mereka, niscaya aku akan berjihad atas mereka hingga rohku kembali kepada Allah. Sesungguhnya Allah tidak memisahkan antara shalat dan zakat, kemudian menyatukannya lagi.” (fii Kanzul Ummal, 3/142)

868. Imam adz-Dzahabi rahimahullah menukilkan: “Tidak ada yang berkata-kata (berbual) dalam majlis ilmu 'Abdurrahman B. Mahdi rahimahullah, tidak ada pula yang sibuk mengasah pensil, tiada seorang pun yang tersenyum, dan tidak ada seorang pun yang berdiri. Seolah-olah di atas kepala mereka ada burung atau seolah-olah mereka sedang solat (kerana terlalu tekun). Jika beliau melihat salah seorang di antara mereka tersenyum atau berbual-bual, maka beliau segera memakai seliparnya lalu beredar keluar.” (Siyar A’lam an-Nubala’, 9/202-203. Tazkiratul Huffaz, 1/242, no. 313)

869. “The work of da'wah is the greater jihad.” - Hazrat Maulana Yusuf Binori r.alayhi

870. “The tablighi jama'at gave Darul Ulum (Deoband) a Mufti. The Darul Ulum needed a Mufti, so they requested the tablighi jama'at who gave them a Mufti as I am first a tablighi then a Mufti.” - Hazrat Mufti Mahmud Hassan Gangohi r.alayhi

871. “Molvi Ilyas has changed 'yas' (despondency) into 'as' (hope). This is the original effort.” - Hakimul Ummah Hazrat Maulana Ashraf Ali Thanwi r.alayhi

872. “Dear brothers! This is a tablighi gathering and this tabligh was originally the practice of Rasulullah s.a.w. The work you are doing is therefore not insignificant. I give you the glad tidings that Allah has granted you the opportunity to carry out a great service.” - Sheikhul Islam Hazrat Maulana Husain Ahmad Madani r.alayhi

873. “There are four ways of attaining self reformation and by good chance, they all happen to be found in the tablighi jama'at. It includes sitting in the company of the pious, it includes dzikr and fikr, it includes brotherhood for the pleasure of Allah, it includes taking lessons from enemies and also taking account of oneself. The tablighi jama'at is a conglomeration of the four. For an average person there can be no way better than this for attaining self-reformation.” - Hazrat Maulana Qari Muhammad Tayyib r.alayhi

874. Berkata Imam Abu `Abdillah Muhammad bin Ismail al-Bukhari: “Hargailah masa lapang kamu, kerana mati kamu mungkin datang tanpa diduga. Ramai manusia sihat yang aku lihat bebas daripada penyakit, tetapi nyawa mereka terpisah daripada badan tanpa diduga.” (Sirah al-Imam al-Bukhari, Salahuddin `Ali `Abdul Maujud)

875. Berkata Imam Syafii Rahimahullah: “Tidak semua angan-angan dan cita-cita manusia terkabulkan sebagaimana tidak diharapkannya badai oleh banyak kapal.” (Diwan, Hal.8)

876. “Sesungguhnya di antara balasan amalan kebaikan adalah kebaikan selanjutnya. Dan di antara balasan dari amalan kejahatan adalah kejahatan selanjutnya.” (Tafsir surah Al Lail Al Qur’an Al ‘Azhim, Ibnu Katsir)

877. Al Qurthubi rahimahullah mengatakan: “Sifat yang disebutkan dalam (Al Fajr ayat 15-16) adalah sifat orang kafir yang tidak beriman pada hari berbangkit. Sesungguhnya kemuliaan yang dianggap orang kafir adalah dilihat pada banyak atau sedikitnya harta. Sedangkan orang mukmin, kemuliaan menurutnya adalah dilihat pada ketaatan pada Allah dan bagaimana ia menggunakan segala nikmat untuk tujuan akhirat. Jika Allah memberi rizki baginya di dunia, ia pun memuji Allah dan bersyukur pada-Nya.” (Al Jaami’ li Ahkamil Qur’an)

878. Ath Thobari rahimahullah menjelaskan surah Al Fajr ayat 15-16): “Adapun manusia ketika ia diuji oleh Rabbnya dengan diberi nikmat dan kekayaan, yaitu dimuliakan dengan harta dan kemuliaan serta diberi nikmat yang melimpah, ia pun katakan, “Allah benar-benar telah memuliakanku.” Ia pun bergembira dan senang, lantas ia katakan, “Rabbku telah memuliakanku dengan karunia ini. Adapun manusia jika ia ditimpa musibah oleh Rabbnya dengan disempitkan rizki, yaitu rizkinya tidak begitu banyak, maka ia pun katakan bahwa Rabbnya telah menghinakan atau merendahkannya. Sehingga ia pun tidak bersyukur atas karunia yang Allah berikan berupa keselamatan anggota badan dan rizki berupa nikmat sehat pada jasadnya.” (Tafsir Ath Thobari)

879. Berkata Imam Ibnu Rajab Rahimahullah: “Dunia ini seluruhnya adalah bulan puasa bagi orang-orang yang bertakwa, sedangkan hari rayanya adalah hari pertemuan dengan Rabb-Nya. Dan sesungguhnya sebagian besar waktu siang untuk puasa telah lewat, sedangkan hari raya pertemuan dengan Rabb-Nya telah dekat.” (Lathaif Al-Ma’arif)

880. Imam Qatadah rah (Wafat: 118H) berkata: “Sesungguhnya Allah Swt tidak menyukai adanya perpecahan terhadap kamu. Allah telah menjelaskannya kepada kamu, memberi peringatan tentang perpecahan, dan melarang kamu dari terlibat dengannya. Sebaliknya Allah meredhai bagi kamu kepatuhan, ketaatan, perpaduan, dan al-jama’ah. Oleh sebab itu, redhailah untuk diri kamu sedaya-upaya apa sahaja yang telah Allah redhai bagi kamu. Bahawasanya tiada kekuatan melainkan dengan izin Allah.” (Tafsir ath-Thabari, 7/74)

881. Umar Ibn al-Khaththab berkata: “Kekayaan dan kefaqiran adalah dua tunggangan, aku tidak peduli yang mana dari keduanya yang aku tunggangi.” (Majmu' al-Fatawa, vol. XI, hal. 123)

882. Imam al-Munawi berkata: “Berapa banyak orang kaya yang kekayaannya tersebut tidak menyibukkan dan melalaikannya dari Allah, sementara berapa banyak orang fakir yang kefakirannya menyibukkan dan melalaikannya dari Allah.” (Faidhu’l Qadir, vol. II, hal. 288)

883. ‎“Seseorang terkadang dikaruniai kecerdasan. Namun, dia tidak dikaruniai keshalehan.” (Syarah Matan al-Waraqaat Fii Ushuul al-Fiqhi: 3/19, Syaikh Abdul Karim al-Khudair)

884. Imam Al-Khatib Al-Baghdadi (wafat 463 H) dalam mukaddimah kitabnya Iqtidha’ Al Ilmi Al Amal berkata: ‎“Yang paling memprihatinkan adalah seorang ahli ilmu yang ditinggalkan manusia karena keburukan akhlaknya, atau seorang bodoh yang diikuti manusia karena banyak ibadahnya.”

885. Dalam sebuah syair dikatakan: ‎“Berbuat baiklah kepada manusia niscaya engkau akan mendapatkan hati mereka, Betapa sering perbuatan baik itu dapat menundukkan manusia.”

886. Keinginan-keinginan terhadap dunia seperti gelombang-gelombang ombak yang berterusan dan bersilih ganti. - Tamthil

887. Maulana Sa'ad Damat Barakatuhu Katakan, Bahwasanya Sunah Da'wah Nabi SAW ada 3; 1. Da'wah secara umumiyat, 2. Terjun kesetiap lapisan masyarakat dan 3. Sabar dan Tahammul dalam menerima setiap ujian. (Musy. Indonesia di Nizamuddin Okt 2011)";

888. Dari Abu Darda' Radhiyallaahu 'anhu mengatakan: ‎“Tanda kebodohan itu ada tiga: 1. Mengagumi diri sendiri, 2. Banyak bicara dalam hal yang tidak bermanfaat dan 3. Melarang sesuatu namun melanggarnya.” (Jami' Bayan Al-'Ilmi wa Fadhlih, I/143)

889. “The effort of tabligh is like rain, which reaches every area whether people like it or not. Without asking renumeration from people, it pours over the rivers and oceans just as it falls on mountains, rocky grounds and salt flats. It is according to the potential of the ground that it either derives benefit from the rain or is deprived. The rain water then collects in the dams and watering holes from which humans and animals derive benefit for a long time. It is with this water that fields are irrigated and crops grown. Had it not been for the rain, even dams and wells would run dry..” - Hazrath Mufti Mahmood Saab Rahmatullah ‘Alaih

890. ‎Imam Adz-Dzahabi menceritakan bahwa Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhu pernah dalam sebuah majelis mendapatkan 30.000 dinar. Tapi dalam bulan berikutnya ia tidak memakan sepotong dagingpun, itu semua karena hartanya habis diinfakkan. (Siyar A’lam An-Nubala': 3/128)

891. ‎Seorang ulama terkenal bernama Laits bin Saad, beliau mendapatkan gaji 20.000 dinar setiap tahun. Ia berkata : “Meski hartaku sebanyak ini, aku tidak pernah terkena zakat.” (Tarikh Baghdad : 13/80). Hal ini karena harta beliau digunakan untuk berinfak di jalan Allah dan habis sebelum satu tahun, sehingga ia tidak pernah terkena kewajiban zakat."

892. Abu Hazim mengatakan: “Aku tidak pernah berkomentar tentang ulama, kecuali yang baik. Saya menjumpai para ulama, dan mereka merasa kaya dengan ilmunya sehingga tidak butuh orang yang kaya dunia. Sementara orang yang kaya dunia tidak merasa kaya dengan dunia mereka, sehingga tetap butuh ilmu ulama.” (Al-Madkhal ilas sunan al-Baihaqi, 456)

893. Abdullah bin al-Mu’taz rahimahullah berkata: “Ilmu seorang munafik itu terletak pada ucapannya, sedangkan ilmunya seorang mukmin terletak pada amalnya.” (Tsamrat al-’Ilmi al-’Amal, hal. 44-45)

894. Sufyan ats-Tsauri rahimahullah pernah ditanya, “Menuntut ilmu yang lebih kau sukai ataukah beramal?” Maka beliau menjawab, “Sesungguhnya ilmu itu dimaksudkan untuk beramal, maka jangan kau tinggalkan menuntut ilmu dengan alasan beramal, dan jangan kau tinggalkan amal dengan alasan menuntut ilmu.” (Tsamrat al-’Ilmi al-’Amal, hal. 44-45)

895. Al-Imam Hasan Al-Bashri rahimahullah berkata: “Wahai manusia, sesungguhnya aku tengah menasihati kalian, dan bukan berarti aku orang yang terbaik di antara kalian, bukan pula orang yang paling shalih di antara kalian. Sungguh, akupun telah banyak melampaui batas terhadap diriku. Aku tidak sanggup mengekangnya dengan sempurna,tidak pula membawanya sesuai dengan kewajiban dalam menaati Rabb-nya.Andaikata seorang muslim tidak memberi nasihat kepada saudaranya kecuali setelah dirinya menjadi orang yang sempurna,niscaya tidak akan ada para pemberi nasihat.” (Mawai’zh lilImam Al-Hasan Al-Bashri, hal.185)

896. Ibnu Qayyim Al-Jauziyah rahimahullah berkata: “Jika dirimu tidak disibukkan dengan hal-hal yang baik, pasti akan disibukkan dengan hal-hal yang batil.” (Al Jawabul Kaafi, hal 156)

897. Hazrat Maulana Yusuf rah used to say: “The object of the work is not merely to cause a few branches or selected aspects of Deen to spread, but the actual object of the work is that the entire Deen of Muhammad saw. and the practices of the Sahabah ra. are revived and flourish.”

898. Hadhrat Mufti Azeezur Rahmaan Bijnori writes: “Hadhrat Moulana Mohammed Yusuf Sahib began teaching while he was a student. This remained his beloved occupation until the end of his life. He spent the time which remained after lecturing, supervising the movement of Jamaats and writing and teaching students. Once I complained to him that I was tired of teaching. I wished to place my responsibility of teaching on some capable person so that I could proceed in the path of Allah for a few days. On this he said, “Never ever. Before Tabligh you should teach and after Tabligh also you should teach. People say that we are against the running of madaaris. This is an error on their part. We regard teaching as one of the fundamental duties. Our involvement in teaching proves this. We wish involvement in teaching to be combined with Tabligh.” (Biography of Hadhrat Moulana Muhammad Yusuf Sahib – Amire Tabligh, pg.77)

899. “Understand that Ta’leem (Tadrees), Tabligh, Tasawwuf are all the works of Nubbuwwat. Only a foolish person will consider one aspect of Nubuwwat in conflict to another aspect of the work of Nubuwwat. In my opinion, I do not see any one more foolish and ignorant than this (it is the height of ignorance). (Maulana Muhammad Saad DB)

900. “Allaah, the Merciful, has provided a simple method. It is to go out in the path of Allaah, not primarily to reform others but to change one’s own direction from the world to the Aakhirah, from the created things to the Creator of things, from materialism to spiritualism. Once the focus changes, the person knows what he has been created for, then the enthusiasm to seek Ilm, will automatically develop. Now we will have Muslim doctors, teachers, engineers and business men who will lead Islaamic lives. Deen will become alive in the surgery, class room, office and factory.” (Moulana Mufti Afzal Elias)
Posted by Unknown on Thursday, 1 May 2014 - Rating: 4.5
Title : Perkataan hikmah Orang Soleh #18
Description : 851. Dzun Nun al-Mishri rahimahullah berkata: “Dahulu para ulama saling menasihati dengan tiga hal: Barangsiapa memperbagus keadaan batin...
Tweet

0 Response to "Perkataan hikmah Orang Soleh #18"

Post a Comment

Newer Post
Older Post
Home
Subscribe to: Post Comments (Atom)

Entri Populer

Blog Archive

  • May (56)
  • April (51)

Labels

Adab Sunah Belajar Bahasa Arab biografi download nasyid Hukum Fiqih humor Kisah Sahabat Nabi Laporan Kerja Dakwah Afrika Selatan Laporan Kerja Dakwah Amerika Serikat Laporan Kerja Dakwah Arab Saudi Laporan Kerja Dakwah Colombia Laporan Kerja Dakwah indonesia Laporan Kerja Dakwah Inggris Laporan Kerja Dakwah Jepang Laporan Kerja Dakwah Laos Laporan Kerja Dakwah Malaysia Laporan Kerja Dakwah Pakistan Laporan Kerja Dakwah Prancis nasihat opini quran & hadist Tamsil
Copyright © 2014 Suara Islam Seruanku - All Rights Reserved
Design by Mas Sugeng - Powered by Blogger