• About
  • Sitemap
  • Privacy Policy
  • Disclaimer
  • Contact

Suara Islam Seruanku

  • Home
  • Adab Sunnah
  • Nasihat
  • biografi
  • Dakwah
  • Al Kisah
  • quran-Hadist
  • Download
  • Hukum Fiqih
  • Bahasa Arab
Home » nasihat » Perkataan hikmah Orang Soleh #6

Perkataan hikmah Orang Soleh #6

251. “Hati yang istiqamah adalah hati yang senantiasa lurus dalam ketaatan kepada Allah, baik berupa keyakinan, perkataan, maupun perbuatan.” (Imam al-Qurtubi rhm)

252. Umar bin Abdul Aziz ketika berkhutbah pada hari raya ‘Idul Fithri berkata: “Wahai sekalian manusia, sesungguhnya kalian telah berpuasa kerana Allah selama 30 hari, kalian juga solat malam selama 30 hari, dan pada hari ini kalian semua keluar untuk memohon kepada Allah agar amalan kalian diterima. Ketahuilah, dulu sebagian salafus soleh menampakkan kesedihan pada hari raya ‘Idul Fithri, kemudian ditanyakan padanya: ‘Bukankah hari ini hari kegembiraan dan kebahagiaan?’. Maka dia menjawab: ‘Benar, namun aku hanyalah seorang hamba yang Allah memerintahkanku untuk beramal, akan tetapi aku tidak mengetahui apakah amalku (selama Ramadhan) diterima Allah atau tidak?”. (Latha’if al-Ma’arif: 376)

253. Ibnul Qayyim rahimahullah berkata: “Ikhlas dan tauhid ibarat sebatang pokok dalam hati manusia, cabangnya adalah amal perbuatan (yang mulia), sedang buahnya adalah kehidupan yang bahagia di dunia dan kenikmatan yang abadi di akhirat. Sedangkan syirik, dusta, dan riya' adalah juga ibarat pokok di dalam hati manusia. Buahnya di dunia ini adalah rasa takut, gelisah, hati yang sempit dan gelapnya hati. Sedangkan buahnya di akhirat adalah zaqqum (nama makanan ahli neraka) dan azab yang abadi. (Bada’iul Fawa’id: 214)

254. Bakar bin Abdillah al-Muzani berkata: “Jika kamu melihat orang yang lebih tua, katakanlah: ‘Orang ini lebih dulu mendahuluiku dalam beriman dan beramal soleh, maka ia lebih baik dariku’. Apabila kamu melihat orang yang lebih muda, katakanlah: ‘Aku telah mendahuluinya dalam berbuat dosa dan maksiat, maka dia lebih baik dariku’. Dan jika engkau melihat sahabat-sahabatmu menghormati dan memuliakanmu, maka katakanlah: ‘Ini adalah keutamaan yang akan dihisab nantinya’. Sedangkan apabila engkau melihat sahabat-sahabatmu tidak menghormatimu, maka katakanlah: ‘Ini akibat dosa yang telah aku lakukan’.” (Shifatush Shafwah: 3/248)

255. Sufyan ats-Tsauri berkata: “Pelajarilah ilmu dan jagalah kehormatannya. Janganlah engkau campur baurkan ia dengan hal-hal yang bersifat senda gurau sehingga hati manusia akan mengingkarinya. Jagalah itu semua agar manusia bersikap hormat kepadanya.” (Shaidul Khatir, Imam Ibnu Al-Jauziy)

256. Hindarkan maksiat dan derhaka, kerana maksiat menghapuskan pahala sujudmu dan mengeluarkanmu daripada ketenteraman. Maksiat adalah kenikmatan sesaat yang membuahkan penderitaan seribu tahun. (Al-Fawaid, Imam Ibn Qayyim Al-Jawziyyah)

257. Hasan al-Bashri berkata: “Diantara tanda berpalingnya Allah dari seorang hamba adalah Dia akan menjadikan hamba tersebut sibuk dalam perkara yang tidak bermanfaat sebagai bentuk penghinaan baginya.” (Jami’ul Ulum wal Hikam: 1/294)

258. Ali bin Al-Hasan berkata: “Aku hairan dengan orang yang sombong dan suka membanggakan diri, padahal kemarin dia hanyalah setitis mani dan esok ia menjadi bangkai. Aku juga sangat hairan dengan orang yang bertungkus lumus bekerja untuk dunia yang sementara, tetapi lalai bekerja untuk akhirat yang kekal selamanya.” (Shifatush Shafwah: 2/95)

259. Ibnu Qayyim al-Jauziyyah berkata: “Apabila perkataan tidak senonoh keluar daripada mulut musuhmu, janganlah kamu membalasnya dengan perkataan yang sama. Sesungguhnya mewariskan permusuhan adalah warisan yang tercela.” (Al-Fawaaid)

260. Berkata Imam Ibnu Qudamah dan Imam al-Ghazali: “Puasa ada 3 tingkatan: 1. Puasa Umum, menahan lapar, dahaga, syahwat. 2. Puasa Khusus, menahan lisan, tangan, kaki, mata, telinga dari dosa. 3. Puasa Paling khusus, hatinya puasa dari dunia, dan hal yang menjauhkan diri dari Allah dan selain Allah.” (Minhajul Qosidin Hal.55, Ihya' 1/324 )

261. Berkata al-Hafidz Ibnu Rajab al-Hambali rahimahullah: “Barang siapa yang puasa dari syahwat dunia maka dia akan menemukannya di syurga, barang siapa yang berpuasa dari selain Allah maka Idul Fitrinya dia akan bertemu Allah.” (Latho'iful Ma'arif, hal.299)

262. Berkata al-Hafidz Ibnu Rajab al-Hambali rahimahullah: “Ketika Imam Abdullah bin Ghalib dimakamkan maka urukan tanahnya berbau harum kemudian seseorang bermimpi ketemu beliau dan ditanyakan mengapa tanah kuburan Imam menjadi harum? maka beliau berkata: “Itu disebabkan kerana banyak baca al-Qur'an dan puasa.” (Latho'iful Ma'arif, hal.86 )

263. Berkata al-Hafidz Ibnu Rajab al-Hambali rahimahullah: “Berbahagialah orang yang selalu lapar (puasa) untuk meraih hari yang mengenyangkan besar, berbahagilah orang yang selalu dahaga, untuk meraih hari yang tidak ada lagi kedahagaan, berbahagialah seseorang yang meninggalkan syahwat dunia demi memperoleh yang dijanjikan yang tidak terlihat.” (Latho'iful Ma'arif, hal.83)

264. Berkata Abu Darda' Radhiallahuanhu: “Yang paling aku takuti kelak pada hari kiamat ketika Allah memanggilku dihadapan seluruh makhluk, Allah berfirman: “Wahai Umair! Adakah kamu mengamalkan ilmu yang kamu ketahui.” (Fathul Bari: 1/110, Tsamrotul Ilmil Amal: hal.16)

265. Berkata Imam Malik bin Dinar rahimahullah: “Seorang alim yang tidak mengamalkan ilmunya maka hilang sentuhan hati nasihatnya seperti hilangnya titisan air yang jatuh di suatu tempat.” (al-Iqtidho', hal.97)

266. Berkata Imam as-Syafii rahimahullah: “Dan aku mengakui hak salafus soleh yang telah dipilih oleh Allah untuk menemani Nabi-Nya shallallahu ‘alaihi wa sallam, dan memegang dengan keutamaan-keutamaan mereka, dan aku menahan diri dari perkara yang mereka perselisihkan baik yang kecil atau besar.” (al-Amru Bil Ittiba', hal.34)

267. Seorang salafus soleh bersyair: “Telah kamu lewati waktu dan hari-harimu kamu hasilkan penuh dosa, telah datang utusan kematian sedang hatimu lalai, kesenanganmu di dunia hanyalah tipuan dan penyesalan dan hidupmu di dunia akan hilang dan binasa.” (Irsyadul Ibad Lil Isti'dadi yaumil Ma'ad, hal.9)";

268. Berkata Abul Atahiyyah dalam sya'irnya: “Aku tidak tahu, jika aku renungkan usiaku, bisa jadi saat pagi hari aku tidak akan jumpa petang hari, tidakkah engkau lihat setiap pagi hari umurmu lebih pendek dari pagi kemarin.” (Jami'ul Ulum Wal Hikam, no.40)

269. Berkata Imam Fudhail bin Iyadh rahimahullah: “Kita bergembira dengan hari-hari yang kita lalui, setiap hari yang lewat, mendekatkan diri dari ajal, maka beramallah untuk dirimu sebelum mati dengan sungguh-sungguh dan jangan main-main, sesungguhnya kerugian dan keuntungan ada dalam amal.” (Thobaqotul auliya' 1/45, Tarikh Dimasyqy 48/451)

270. Berkata Imam as-Syafii rahimahullah : “Aku hairan melihat orang yang banyak tertawa padahal kematian selalu mencarinya.” (Diwan, hal.54)

271. Berkata al-Hafidz Imam Ibnu Rajab al-Hambali rahimahullah: “Ya Allah, Jadikanlah akhir amalku dengan kebaikan, dan jadikanlah akhir umurku dengan kebaikan.” (Latho'iful Ma'arif, hal.579)

272. Berkata Luqman kepada anaknya: “Wahai anakku! Jangan engkau tunda taubat, sesungguhnya mati datang tiba-tiba, dan jangan engkau mengharap akherat tanpa amal, dan jangan engkau tunda taubat dengan banyak lamunan.” (Latho'iful Ma'arif, hal. 584)

273. Berkata Sa'ad al-Khair al-Anshari as-Syahid Badar Radhiallahuanhu: “Wahai anakku putuskanlah apa yang ada di tangan manusia kamu akan kaya, dan jangan mencari apa yang ada di sisi manusia itu adalah suatu kemelaratan, dan jauhilah perbuatan yang salah, dan solatlah seakan-akan kamu tidak solat lagi.” (HR. Abu Dawud, no.337)

274. Hassan bin 'Athiyyah rahimahullah berkata: Dua raka'at yang dilaksanakan sesuai dengan tuntutan (sunnah) Rasulullah sallahu 'alaihi wasallam, lebih baik daripada tujuh puluh rakaa'at yang dilaksanakan tidak sesuai dengan sunnah.";

275. Imam Nawawi rahimahullah berkata: Tidak disyaratkan untuk orang yang mahu menyuruh amal ma'ruf dan nahi mungkar itu, dirinya sempurna. (Syarah Sahih Muslim)

276. Nisbatun nubuwah ialah apa yang ada dalam fikir Rasulullah s.a.w, Allah letak dalam fikiran kita. Apa yang ada dalam hati Rasulullah s.a.w, Allah letak dalam hati kita. Sehingga risau nabi jadi risau kita, sayang nabi kepada umat juga sayang kita kepada umat. Malam kita seperti malam Rasulullah s.a.w, siang hari kita seperti siang Rasulullah s.a.w.

277. Ibnu Qayyim al- Jauziyyah rahimahullah berkata: Orang yang mencintai dunia/harta (secara berlebihan) tidak akan lepas dari tiga (kerosakan dan penderitaan): Kekalutan (pikiran) yang tidak pernah hilang, keletihan yang berkepanjangan dan penyesalan yang tiada akhirnya. (Ighatsatul Lahfan, hal. 83-84, Mawaaridul amaan)

278. Sesungguhnya orang yang paling dermawan di dunia adalah orang yang menunaikan hak-hak Allah Swt, walaupun orang lain melihatnya sebagai orang kikir dalam hal lain. Dan sesungguhnya orang yang paling kikir di dunia adalah orang yang kikir terhadap hak-hak Allah Swt, walaupun orang lain melihatnya sebagai orang yang dermawan dalam hal lain. (Wahab bin Munabbih)

279. Al-Imam Ibnul Qayyim rahimahullah menukil ucapan ‘Ali bin Abu Thalib radhiallahu 'anhu: “Tidaklah turun musibah kecuali dengan sebab dosa dan tidaklah musibah diangkat oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala kecuali dengan bertaubat.” (Al-Jawabul Kafi, hal.118)

280. Hidup ini ibarat membuka lembaran sebuah buku. Makin banyak lembaran yang kita buka, makin sedikit lembaran yang tersisa. Akhirnya lembaran itu pun akan habis. Begitulah perjalanan kita menuju ajal. - Tamthil

281. Hasan al-Bashri berkata: “Seorang mukmin semestinya bersedih setiap pagi dan petang, dan tidak ada yang lebih baik baginya selain itu. Itu kerana dirinya senantiasa dihimpit dua kekhuatiran: Dosanya di masa lalu yang dia tidak tahu apa balasan Allah terhadapnya, dan umurnya yang masih tersisa yang dia tidak tahu dosa apa yang bakal diperbuatnya.” (Hilyatul Auliya’: 1/264)

282. Imam al-Ghazali berkata: “Sesungguhnya aktivitas amar makruf nahi mungkar adalah poros(puncak) yang paling agung dalam agama. Karena aktivitas inilah Allah mengutus para nabi seluruhnya. Seandainya umat Islam mengkerdilkan amar makruf nahi mungkar, tidak mau memahami dan mengamalkannya, tentu akan berhenti nubuwwah ini; kesesatan akan tersebar luas, kebodohan akan menjadi hal yang lumrah, kerusakan akan merajalela, pelanggaran akan semakin meluas, negeri-negeri akan hancur, dan manusia akan binasa.” (Ihyâ’‘Ulûm ad-Dîn, 2/306)

283. Berkata Ibnu Mas'ud dan Mu'adz bin Jabbal Radhiallahuanhuma: “Duduklah bersama kami sesaat untuk menambah iman kita.” (at-Taudhih wal Bayan Lisyajarotil Iman, hal.38)

284. Menunda-nunda perbuatan baik adalah salah satu tentera di antara bala tentera Iblis yang telah membinasakan ramai orang. (Abu al-Jald)

285. Yahya bin Abi Katsir berkata: “Ilmu tidak dapat diperoleh dengan bersantai-santai.” (Jami’ Bayanil ‘Ilmi wa Fadhlihi: 1/91)

286. Imam Syafi’i berkata: “Seseorang tidak akan mencapai hasil dalam bidang ini sampai kefakiran menimpanya, dan dia mendahulukan ilmu atas segala sesuatunya”. (Siyar A’lam an-Nubala: 10/89)

287. Abdurrahim bin Ali al-Qadhi (wafat 596 H) dalam suratnya yang ia tujukan kepada Al 'Imad al-Asbahani, beliau berkata: “Kulihat setiap orang yang menulis sebuah buku, esoknya selalu mengatakan: 'Andaikan bagian ini diubah tentu lebih baik, andaikan bagian ini ditambahkan tentu lebih bagus, andaikan bagian ini didahulukan tentu lebih pas, dan andaikan bagian ini dibuang tentu lebih indah'. Ini merupakan pelajaran dan bukti kekurangan yang selalu ada pada diri manusia.” (At-Tajwid wa Ulumul Qur'an: 33)

288. Imam al-Auza'i rahimahullah ditanya tentang iman, apakah bertambah dan berkurang? Beliau berkata: “ Ya, bertambah seperti gunung dan berkurang sampai hilang dan tidak tersisah.” (at-Taudhih wal Bayan Lisyajarotil Iman, hal.38)

289. Mughirah berkata: “Sesungguhnya aku merasa puas dalam hal membatasi pembicaraanku, sebagaimana kalian merasa puas dengan banyak berbicara.” (Al-Jami’ li Akhlaqi ar-Rawi wa Adabi as-Sami’: 736)

290. Syuraih al-Qadhi yang berkata: “Rombongan yang berangkat haji banyak, tetapi orang yang haji sedikit. Betapa banyak orang yang mengerjakan kebaikan, tetapi sangat sedikit orang yang meniatkan ikhlas mengharap redha-Nya.” (Lathaif al-Ma’arif: 419-120)

291. Ibnu ‘Aun berkata: “Janganlah engkau merasa selamat dengan banyaknya amal, kerana sesungguhnya engkau tidak tahu apakah amalmu diterima atau tidak. Dan janganlah engkau merasa aman dari dosa-dosamu, kerana sesungguhnya engkau tidak tahu apakah dosa-dosamu diampuni atau tidak.” (Jami’ul Ulum Wal Hikam: 1/174)

292. Imam Ibnul Qayyim berkata: “Andaikata kita bisa menggali hikmah Allah yang terkandung dalam ciptaan dan urusan-Nya, maka tidak kurang dari ribuan hikmah. Namun akal kita sangat terbatas, pengetahuan kita terlalu sedikit, dan ilmu semua makhluk akan sia-sia jika dibandingkan dengan ilmu Allah sebagaimana sinar lampu yang sia-sia dibawah sinar matahari. Dan inipun hanya kira-kira, yang sebenarnya tentu lebih dari sekadar gambaran ini.” (Syifa’ul Alil fi Masail Qadha wal Qadar wa Hikmah wa Ta’lil: 452)

293. Urwah bin Zubair berkata: “Sesungguhnya aku benar-benar berdoa kepada Allah meminta segala keperluanku, sampai-sampai dalam perkara garam.” (Al-Fawakih ad-Dawani Syarh Risalah Ibn Zaid al-Qirwani: 1/211)

294. Abu Ja’far al-Balkhi berkata: “Telah sampai kepadaku bahwa Abu Hanifah dulu jika ia mendapat kesulitan atau ragu-ragu dalam suatu permasalahan, maka ia berkata kepada sahabat-sahabatnya: ‘Tidaklah ini terjadi melainkan kerana dosa yang telah aku perbuat’. Lalu beliau beristighfar, dan kadang-kadang beliau berwudhu dan melakukan solat dua rakaat lalu beristighfar, maka setelah itu selesailah masalahnya. Beliau berkata: ‘Aku selalu menggantungkan harapanku kepada Allah, dan meyakini bahwasanya Dia mengampuni dosa-dosaku, sehingga aku dapat menyelesaikan masalah yang kuhadapi.” (‘Uqud al-Juman fi Manaqib al-Imam al-A’zham Abu Hanifah an-Nu’man: 228-229)

295. Imam Nawawi menceritakan bahawa Abu Ishaq asy-Syirazi (pengarang kitab Muhadzdzab) tidaklah membahas suatu masalah melainkan sebelumnya beliau memohon pertolongan (isti’anah) kepada Allah. Selain itu tidaklah beliau menulis suatu permasalahan melainkan diawali dengan solat beberapa rakaat terlebih dahulu untuk meminta petunjuk kepada Allah. (Muqaddimah al-Majmu’ Syarh al-Muhadzdzab: 1/15)

296. Berkata Ibnu Hazm: “Apabila orang yang mencegah dari perbuatan keji mesti orang yang tidak memiliki kesalahan, dan orang yang memerintah kepada kebaikan mesti orang yang selalu mengerjakan kebajikan, maka tidak ada seorangpun yang mencegah dari yang munkar dan tidak ada seorang pun yang mengajak kepada kebaikan setelah Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.” (Al-Jami’ li Ahkamil Qur’an: 1/367)

297. Imam Nawawi berkata: “Para ulama menyatakan bahawa tidak disyaratkan pada orang yang mengajak kepada kebaikan atau orang yang mencegah dari kemungkaran untuk mencapai kesempurnaan dalam segala hal. Tetapi, ia mesti tetap mengajak kepada kebaikan walaupun ia memiliki kekurangan dalam hal yang ia ajak kepadanya, dan ia tetap mencegah kemungkaran walau ia terkadang mengerjakan apa yang ia cegah. Kerana sesungguhnya wajib pada dirinya dua perkara iaitu: mengajak dirinya sendiri ke arah kebaikan dan mencegah dari kemungkaran, dan mengajak orang lain ke arah kepada kebaikan dan mencegah mereka dari yang mungkar. Tidak boleh ia melalaikan salah satu dari dua perkara tersebut.” (Syarah Shahih Muslim: 2/23)

298. Ibrahim an-Nakha'i berkata: “Sesungguhnya aku mendapatkan jiwaku membisikkan kepadaku agar mengatakan sesuatu. Tidaklah ada yang mencegahku dari mengatakannya melainkan kekhuatiranku akan tertimpa seperti yang kuucapkan.” (Dzamm al-Baghyi: 56)

299. Auf bin Nu’man radhiyallahu 'anhu pernah berkata: “Di zaman jahiliyah, seseorang lebih baik mati dalam keadaan kehausan daripada ia mengingkari janji.” (Adab al-Imla wal Istimla: 41, Tajrid Shahabah: 429)

300. Amr bin Harits berkata: “Di zaman salafus soleh, aku jumpai orang yang berjanji pasti ia memenuhinya. Tapi di zaman sekarang aku merasa lelah dengan orang yang berjanji tapi mengingkarinya.” (Uyun al-Akhbar: 3/145)
Posted by Unknown on Monday, 28 April 2014 - Rating: 4.5
Title : Perkataan hikmah Orang Soleh #6
Description : 251. “Hati yang istiqamah adalah hati yang senantiasa lurus dalam ketaatan kepada Allah, baik berupa keyakinan, perkataan, maupun perbuat...
Tweet

0 Response to "Perkataan hikmah Orang Soleh #6"

Post a Comment

Newer Post
Older Post
Home
Subscribe to: Post Comments (Atom)

Entri Populer

  • Jodoh oh jodoh
    menulis itu kayag diare(diare=men*ret). pengen keluar terus kalo emang waktuya. dan gak akan keluar klo emang blom waktunya, *stetmen ngawur...

Blog Archive

  • May (56)
  • April (51)

Labels

Adab Sunah Belajar Bahasa Arab biografi download nasyid Hukum Fiqih humor Kisah Sahabat Nabi Laporan Kerja Dakwah Afrika Selatan Laporan Kerja Dakwah Amerika Serikat Laporan Kerja Dakwah Arab Saudi Laporan Kerja Dakwah Colombia Laporan Kerja Dakwah indonesia Laporan Kerja Dakwah Inggris Laporan Kerja Dakwah Jepang Laporan Kerja Dakwah Laos Laporan Kerja Dakwah Malaysia Laporan Kerja Dakwah Pakistan Laporan Kerja Dakwah Prancis nasihat opini quran & hadist Tamsil
Copyright © 2014 Suara Islam Seruanku - All Rights Reserved
Design by Mas Sugeng - Powered by Blogger